Dengan semakin berkembangnya perekonomian dan kemajuan teknologi terutama dalam dunia usaha, menyebabkan para pebisnis Tanah Air benar-benar menghadapi ujian yang tak ringan. Selain kondisi ekonomi makro yang masih tertekan gelombang krisis global, daya beli konsumen juga melemah dan menuntut kemampuan untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat.
Seiring dengan hal tersebut perusahaan harus membuat strategi yang tepat untuk menghadapi persaingan tersebut. Dimana, strategi tersebut yang nantinya akan mempengaruhi struktur organisasi dan struktur organisasi yang terintegrasi akan mempengaruhi efisiensi dan efektivitas perusahaan dalam mengimplementasikan strategi tersebut.
Pada kenyataanya, para pesaing gobal yang paling produktif adalah mereka yang memiliki kemampuan inovasi produk yang efektif dan sebuah struktur organisasi yang memfasilitasi keberhasilan. Memilih struktur dan kontrol organisasi yang akan menerapkan strategi terpilih dengan efektif merupakan tantangan utama bagi para manajer. Alasannya dalah bahwa dalam perekonomian global, perusahaan harus fleksible, inovatif dan kreatif untuk mendayagunakan kompetensi inti untuk mengejar peluang – peluang pasar sertajuga diperlukan adanya tingkat stabilitas tertentu dalam struktur tersebut yang dapat menyediakan tingkat flexibilitas dan stabilitas tertentu yang diinginkan.
Mengingat pentingnya peranan struktur organisasi dalam sebuah perusahaan, maka dalam makalah ini akan dipaparkan lebih lanjut lagi mengenai bagaimana strategi pemimpin dalam membuat struktur organisasi yang tepat dan sesuai dengan penerapan strategi perusahaan.
Dimana dalam makalah ini juga akan diberikan contoh kasus PT. Unilever Indonesia, Tbk yang berhasil menerapkan struktur organisasi yang tepat, yang juga disesuaikan dengan strategi perusahaan yang telah ditetapkan. Tujuannya adalah agar perusahaan bisa survive di tengah persaingan yang semakin ketat.
penerapan struktur organisasi pada PT. Unilever Indonesia Tbk
February 27, 2010 by acieee
Leave a comment